Trip Akhir Tahun 2014 : Pantai Ujung Genteng

Taken by GoPro Hero 3+
Assalamualaikumwr, wb.

Akhir tahun 2014 kemarin, aku sekeluarga akhirnya punya kesempatan untuk liburan juga, berhubung papah udah libur dan kebetulan Mas Harist juga lagi cuti di Bandung. Trip ke Ujung Genteng udah jadi salah satu agenda wajib yang harus terlaksana di 2014 karena udah diagendakan dari awal tahun. Namun, karena perjalanannya yang tiba-tiba (tiba-tiba berangkat aja gitu), Ade sm Aa ga bisa ikut karena udah punya agenda liburan sendiri. Gapapa lah, jadinya liburan ala-ala penganten baru, tapi tetep ditemeni mamah papah haha.

Aku berangkat dari Bandung sekitar pukul 06.00 WIB. Karena sopir papah rumahnya di Cianjur, jadi perjalanan Bandung-Cianjur, papah yang jadi sopir. Cuaca pada saat itu ujan dan mendung banget, sebenernya agak bingung juga nentuin liburan ke pantai pas bulan Desember kemarin, soalnya kalo diliat-liat ga ada matahari sama sekali. Tapi gapapalah, yang penting tetep liburan dan bisa keluar dari Bandung.

Bapak Harist kesenengan hihi
Aku pake mobil pribadi, jadi biaya yang dikeluarkan murni hanya untuk bensin dan makan plus akomodasi. Sebenernya kalo kita browsing perjalanan ke Ujung Genteng di mbah Google, mostly cerita kalo jalannya menuju kesana kurang memadai dan jarang yang merekomendasikan untuk pake angkutan umum. Ternyata emang bener, beberapa km setelah pusat kota Cianjur, jalan udah mulai jugijagijug dan beberapa kali mobil kena jebakan betmen. Untung sopir papah udah hafal medan di Sukabumi, jadi ga terlalu khawatir mobil bakal kempes atau pecah ban. Mamah yang sebenernya gasuka perjalanan jauh apalagi jalannya jelek juga udah aku ceritain dari awal kalo perjalanan kesana bakal melelahkan, jadi Mamah cukup santai dan memilih ngobrol santai aja.

Perjalanan Bandung-Ujung Genteng hari itu kurang lebih 8 jam dan sampai disana, cuaca masih mendung huhu. Gapapa, sekarang ceritanya mau langsung ke Pantai Pangumbahan mau lihat pelepasan penyu. Sayangnya, akses di Ujung Genteng nya sendiri masih jauh dari harapan, jalannya Subahanallah bisa diitung yang enakeun. Sisanya masih kaya tanah campur pasir yang kalo ujan bakal menyusahkan sopir. Agenda ini pun aku skip karena Mamah pengen istirahat sedangkan kita belum sama sekali booking pondokan. Oya, disini banyaknya pondok, kalo hotel ada sih yang baru namanya Turtle Beach Hotel kalo ga salah, tapi aku milih pondokan aja yang deket sama pantai. Sempet salah pilih pondokan padahal udah numpang solat+mandi, akhirnya kita sewa dua kamar/pondok harganya 400rb/malam. Yang jagain orangnya baik, ramah, itu yang bikin seneng. Rata-rata di Ujung Genteng, yang jualan seafood, yang jualan pondokan, yg jualan di pantai, semuanya ramah-ramah, bikin betah.

Cuaca buruk bahkan sempet hujan angin sampai pagi bikin males ke pantai. Tapi, kita bersyukur karena seafood disini enak semua atulah. Dan muraaah. Pondok Barokah, tempat makan yang saya kunjungi selama 2 hari 1 malam disini, buka 24 jam. Jadi, mau kemaleman ato kepagian sekalipun, ga akan kelaparan.

Muka bantal tapi kelaperan
Karena cuaca semakin tampak buruk, dan lumayan ngeri liat hujan yg gede banget, kita mutusin untuk pulang awal sekitar pukul 9 pagi. Ternyata bener aja, jalan yang kita lewatin untuk keluar dari area pondok udah banjir dan banyak motor yg jatoh (FYI, banyak yg milh bawa motor kesini daripada pake kendaraan umum). Tapi kesananya ga banjir ko, karena udah mulai masuk jalan yang diaspal juga jadi ga dagdigdug kaya tadi lagi. Karena kadung sudah di Sukabumi, kita mutusin lanjut ke Pelabuhan Ratu. Sekitar 3 jam perjalanan, sampai di pantai Pelabuhan Ratu sekalian foto-foto, makan seafood lagi, dan solat Dzuhur. Selesai dari pantai, mampir ke kota Sukabumi sebentar untuk beli Mochi Kaswari yang emang enak banget. Perjalanan ke Bandung tetep ditemani mendung dan hujan sedikit-sedikit. Next time, kalo main ke pantai, bawa jas ujan kali ya haha. Soalnya cuaca saat ini kayanya ga bisa diprediksi juga sih. Tapi overall, seneng banget bisa ajak Mas Harist jalan-jalan ke pantai setelah sibuk ngurusin persiapan pernikahan dan seserahan hihi. Tahun 2015, tahunnya kita jalan-jalan berdua secara halal ya, amin.

Hasil GoPro emang kece bangeet
Background: mamah lagi belanja hihi