Sarjana Sastra (S.S)


Yessy Purnamasari, S.S

Assalamualaikum wr wb,

Dari judulnya udah ketebak belum? Haha, yes, Alhamdulillahirabbil alamiin, akhirnya pendidikan ekstensi program S1 aku sudah selesai Desember kemaren, tepatnya pada saat dinyatakan LULUS pas sidang yudisium tanggal 23 Desember 2014. Alhamdulillah..

Buat yang belum pernah baca postingan aku sebelum-sebelumnya, sedikit pengantar aja ya supaya ga dianggap lebay baru lulus sarjana aja ko hebohnya banget-bangetan. Jadi, tahun 2011 sebenernya aku udah lulus dari Politeknik Negeri Bandung jurusan Bahasa Inggris program Diploma III. Setelah kerja hampir dua tahun di beberapa perusahaan berbeda, aku mutusin untuk lanjut kuliah ke S1 karena emang bercita-cita jadi dosen. Jadi dosen kan persyaratannya minimal S2, jadi mau ga mau harus ambil S1 dulu. Dengan berbagai pertimbangan, aku balik ke Bandung dan melepas kerjaan aku di Telkom Corporate University padahal kata orang sana ga perlu resign segala, bisa ambil kelas karyawan di sore hari dan kerjaan tetap jalan. Tapi aku berfikir bakal makan waktu lebih lama untuk lulus kalau disambi sama kerja, so keputusannya tetap resign dan balik lagi jadi mahasiswa seutuhnya haha.

Aku lanjut kuliah dengan ambil jurusan yang sama, Bahasa Inggris, di Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) YAPARI-ABA Bandung. Orang sini sih lebih sering nyebutnya ABA atau STBA, karena STBA di Bandung ya cuma kampus ini. Daftar Maret 2013, awal perkuliahan September 2013, lulus Desember 2014. Jadi kalau ditotal, masa tempuh studi disini cukup singkat, hanya 3 semester atau 1.5 tahun aja. Tapi ini balik lagi ke mahasiswanya ya, kalo dia rajin dan konversi nilai (nilai pada masa D3 yang diakui di S1 sehingga ga perlu diambil lagi oleh ybs) ga terlalu banyak, insya Allah minimal 3 semester udah bisa jadi sarjana.

Sekedar sharing, biaya kuliah disini cukup wajar. Waktu daftar, aku bayar 8 juta untuk 2 semester full dan ga ada biaya-biaya lain kaya biaya buku, uang LAB, ato lain sebagainya. Tapi itu di luar biaya pendaftaran, biaya OSMA (ospek), biaya PLP (sejenis PKL), biaya bimbingan skripsi, biaya sidang, dsb. nah di semester sisanya, aku cukup bayar biaya heregistrasi sebesar 600k dan biaya sisa mata kuliah yang perlu diambil di semester itu. Dan itu bisa dicicil dua kali kalo ga salah, kurang tahu juga sih.

Oya, kenapa saya tulis postingan ini? Karena banyak temen sejawat (haha) yang sama-sama lulusan D3 dan kepengen lanjut ekstensi S1 di Bandung tapi bener-bener have no idea lanjut dimana. Beberapa teman saya dari POLBAN juga lanjut disini, tapi untuk yang ambil kelas karyawan kalo ga salah belum lulus karena resiko kuliah malam ya jadwalnya banyak yg bentrok, sehingga masih banyak utang mata kuliah. Beda dengan aku yang ambil kelas reguler, cukup fleksibel dalam mengatur jadwal dan menyusun KRS.

Jadi, buat temen-temen lulusan Bahasa Inggris program D3, kuliah ekstensi di STBA YAPARI-ABA Bandung bisa jadi salah satu pertimbangan loh. Selamat meneruskan perjuangan!

Friends, fiance, everything in one frame

Wassalam,
Ecy

You Might Also Like

0 comments