Seleksi Tahap I Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2013

Assalamualaikum wr,wb...
Hi guys!

Lama ga nulis ternyata. Terakhir kalo ga salah nulis tentang usaha nyari rumah dan motivasi untuk sang pacar yang sedang bergalau ria karena pekerjaan. Now, I wanna share something really really special (regarding from me haha) to you all dear fellas!

YUP! Untuk yang udah baca judul atas, pasti beberapa sudah ada yang tahu kalo post ini akan ngomongin tentang apa. Tapi, untuk yang belum tahu sama sekali, let's start from a very beginning.

PPAN atau Pertukaran Pemuda Antar Negara adalah salah satu dari banyak program yang diselenggarakan Kementrian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) Republik Indonesia. Untuk perwakilan tiap provinsi, Kemenpora menunjuk Dinas Pemuda dan Olah Raga (Disorda) masing-masing provinsi. Dan, masing-masing disorda memiliki PCMI atau Purna Caraka Muda Indonesia yang menangani program PPAN tiap tahunnya. You got it?

Ada banyak negara yang dijadikan tujuan untuk pertukaran pemuda ini. Diantaranya:

  • Indonesia-Canada Youth Exchange Program (ICYEP)
  • Indonesia-Korea Youth Exchange Program (IKYEP)
  • Ship for South East Asia Youth Program (SSEAYP)
  • Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP)
  • Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP)
  • Indonesia-China Youth Exchange Program (IChYEP)
Tiap-tiap program punya batas umur dan tujuan nya masing-masing. Untuk info lebih lanjut/penasaran seperti apa detail program, go check pcmijabar.org aja ya teman-teman (because I'm from West Java actually).

Okay. Done with brief introduction. Now, let's go to the main parts. To make you easy in understanding my story, I'll divide them into several chunks.

1. OPEN HOUSE
Tiap tahun, PCMI masing-masing provinsi selalu mengadakan open house untuk pemuda/i yang pengen tahu dan tertarik untuk gabung sebagai delegasi untuk PPAN. Di acara open house, para alumni masing-masing program tahun sebelum dan sebelumnya dateng dan berbagi cerita seputar program. Oya, open house ini diselenggarakan di Disorda, Jl.Dr.Radjiman Bandung.

2. OPEN RECRUITMENT
Setelah mengadakan open house, tibalah masanya open recruitment. Untuk tahun 2013, dipilih tanggal 4-15 Maret untuk masing-masing calon peserta untuk mengirimkan persyaratan. Semuanya melalui sistem online.  Di tahap 1 ini, tiap calon peserta diwajibkan untuk mengirim:
  •  scan fotokopi KTP untuk menunjukkan bahwa yang bersangkutan memang warga Jawa Barat
  • formulir PPAN 2013 yang diunduh di official website PCMI Jawa Barat
  • esai dan beberapa pertanyaan yang dijawab menggunakan bahasa Inggris
Semua persyaratan untuk seleksi tahap awal ini dikirim melalui email seleksi PCMI 2013. Karena memang sudah niat, pas tahu kalo PCMI udah buka open recruitment, saya buru-buru unduh semua persyaratan dan mengirim semuanya tanggal 7 April 2013 haha *masih inget* *dicatet di kalender*

3. THE ANNOUNCEMENT OF 1ST SELECTION AND ROAD TO 2ND SELECTION
Jeng jeng jeng! Ternyata pengumuman yang lolos untuk tahap selanjutnya lumayan lama. Saya personally ga nungguin karena memang ga berharap banyak dan sibuk sama urusan pekerjaan (pret banget), Tapi, waktu cek twitter nya PCMI Jabar @pcmijabar , saya liat pengumuman kalo hasil seleksi awal udah keluar. Tepatnya hari Senin, 8 April 2013, saya ngecek website dan alhamdulillah dinyatakan lolos untuk seleksi tahap II. Ini buktinya (halah):

My name is on the 1st list: A1

Dari 421 applicants, there are 76 applicants who are eligible to go to the next selection. Unfortunately, this year's applicants are all WOMEN. Kenapa? Yup, ternyata memang begitulah kuota yang diberikan oleh Kemenpora untuk provinsi Jawa Barat. Yakin deh, pasti banyak pria-pria yang merasa kurang berkenan sama keputusan ini. Tapi, panitia sendiri kayanya ngga bisa berbuat banyak karena jatah dan kuota masing-masing provinsi memang hak utama dari Kemenpora.
Next, hari Sabtu 13 April 2013, saya kembali datang ke Disorda untuk ikut seleksi tahap II. Ada yang kebagian hari Sabtu, ada yang kebagian hari Minggu ternyata (di split). Untuk tahap ini, ada beberapa rangkaian test yang kita lakukan, yaitu:

  • Forum Group Discussion (FGD)
  • Essay
  • Cultural and Art Performance
  • Presentation
  • Panel Interview
  • Individual Interview
Apakah Perlu dibahas satu-persatu? Hmm kita coba ambil kesimpulan dari masing-masing kegiatan aja kali ya (sekilas gambaran).

1. Setelah registrasi dan cek dokumen, kita masuk ke perkenalan session oleh panitia. Terus, masuk ke ESSAY SESSION. Kita dikasih waktu untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang global issue and should be answered in English. Kalo ga salah ada 5 pertanyaan dan cuma dikasih waktu 10 menit. Terus, dikumpulin deh.

2. Essay selesai, semua peserta dibagi untuk FGD. Saya kebagian kelompok A karena no.urut saya waktu itu A1 (masih inget dong). Saya langsung gabung sama temen2 satu kelompok. Ada Meta, Widya, Nabila, kalo ga salah sekitar 7-8 orang. Kita dikasih waktu 5 menit untuk diskusi/menyampaikan pendapat masng-masing, dan 5 menit lainnya untuk menuangkan hasil diskusi ke kertas flip chart. Penilaian pun sudah dilakukan oleh panitia. Waktu itu yg jadi mentor di group kita kalo ga salah Kang Bugi.

3. Selesai FGD, masing-masing kelompok kebagian tahapan test yg berbeda. Jadi dipencar gitu, guys ceritanya. Ada yg panel interview, ada yg individual, pokonya beda-beda. Nah, kelompok A kebagian untuk INDIVIDUAL INTERVIEW. Karena saya no A1, alhamdulillah kebagian yang pertama. It took about 10 minutes interview, mostly about your personal life, campus/carrier, and your interest in joining PPAN 2013. Ada Kang Prima, Kang Bugi, sama teteh satu lagi (aduh lupa namanya) yang jd interviewernya. Overall, suasana interview nya nyantai dan menyenangkan ko :)

3. Lanjut ke Art Performance. Disini kita dikasih waktu 3 menit (more or less) to show your ability. Saya yg kebetulan kurang handal menari, mencoba untuk nyanyi lagu Mojang Priangan. Ternyata kata panitianya, ditanya punya kemampuan lain apa engga. Terus saya nyanyi lagu Hero. Terus disuruh nunjukin lagi. Yaudah saya debat bahasa inggris deh (karena ga tau mesti ngapain lagi haha). Dan yang jadi jurinya itu ternyata temen sd saya, si Ridzki Januar Akbar yg udah duluan jd alumni ICYEP 2010.Oya, untuk tahapan ini, banyak banget yang jago nari, story telling, video making, macem-macem pokonya.

4. Terus, lanjut ke tahapan PRESENTATION. Beberapa hari sebelumnya, semua peserta wajib mengirim file presentasi ke alamat email panitia sehingga pas hari H kita langsung bisa presentasi. Dgn waktu 3 menit, itu bener-bener 3 menit loh. Ga kurang, ga lebih. Saya yang kurang baik time managementnya ternyata belum selesai menjelaskan pada saat waktunya habis. Huft banget LOL. Terus, dikasih waktu untuk ambil salah satu kertas dalam gelas, dibuka, dibaca apa topiknya, dan disuruh untuk speech. Lebih ke impromptu speech. Saya kebagian topik "Freedom of Speech". Setelah ngacablak panjang lebar kesana kemari, saya dibolehin keluar ruangan deh :)

5. The last stage. PANEL INTERVIEW. Dengan tenaga yang tersisa dan semangat yang masih ada, 4 orang masuk ke ruang panel interview. Ada saya, Iska, Nida, dan Ibon. Kita berempat kaya peserta cerdas cermat gitu ternyata. Jadi si akang teteh nya ngasih pertanyaan, siapa yang tahu, langsung jawab. And you got the point. Di sesi ini, saya merasa sangat bodoh sekali, sahabat. Banyak hal yang belum saya ketahui, baik itu tentang Indonesia maupun world heritage. Saran saya sih, perbanyak baca dan rajin-rajin yah update berita supaya kalo kalian ditanya tentang common issue happen around the world, temen-temen bisa jawab :)

Selesai sudah perjalanan saya yang cukup melelahkan di seleksi tahap I PPAN 2013. Untuk tahu cerita selanjutnya, let's see the next post :)






You Might Also Like

0 comments