Road to PPAN 2013 (Seleksi Tahap II and Final)

Assalamualaikum wr wb
Holla!
Wilujeng sumping!! (asiik)

Nah, saat nya yang dinanti-nanti. Pas kemaren berjuang untuk seleksi tahap I, ternyata pengumuman untuk lanjut ke tahap II ga selama yang dikira. Waktu itu (ceritanya) saya masih tidur, terbangun gara-gara BBM dari Hani (bukan gara-gara adzan Subuh zzz), temen seperjuangan saya di seleksi tahap I kemaren. Begini kira-kira isi bbm nya:
Hani: Yes, bangun yes, kamu harus bangun segera!! Urgent!
Hani: PING!
Hani: PING!
Hani: PING!
Hani: PING!
Hani: PING!
Hani: PING!
Hani: PING!

Hmm okay, ga selebay itu sih sebenarnya. Jadi gini isi bbm yang sebenarnya:

Hani: Yes, selamat ya udah lolos tahap II :)
Aku: Hah, emang udah ada pengumumannya gitu han? (sambil kucek2 mata+ ngala belek)
Hani: Iya udah, kemaren malem da
Aku: Wah alhamdulillah, Hani gimana?
Hani: Iya alhamdulillah aku juga lolos yes :)
Aku: Wah senangnyaa, nanti kita ketemu yaah
Hani: Iyaah :)

Nah pada intinya seperti itulah euphoria pada subuh hari tanggal 16 April 2013. Saya belum sempet cek website karena takut terlambat kerja (wae). Trus pas dijalan, si pacar nelpon sambil bilang selamat yah sayang baby bolo-bolo (padahal mah udah tau wew).

The result of 2nd selection
Yes, my name is on the list :)
Okay, tibalah saatnya hari yang dinanti yaitu seleksi tahap II PPAN 2013 yang jatuh pada hari Minggu, 21 April 2013. Apa sajakah rangkaian kegiatannya? Cekidot!

1. Setelah registrasi, kita ber-20 kembali disambut dengan hangat oleh panitia and they also congratulate us. Disini, kita juga berkesempatan ketemu Kang Tebe, tiada lain tiada bukan Ketua PCMI Jabar. Nah, lanjut ke pokok cerita yah guys. Kita ber-20 di split menjadi dua kelompok besar, untuk FGD 1. Topik untuk FGD ini sama, yaitu tentang gender equality karena bertepatan dengan hari Kartini and all of us is young Kartini :). 10 menit untuk berdiskusi, lalu 10 menit untuk presentasi di depan.
Suasana saat FGD 1

Suasana presentasi FGD 1
2. Lanjut ke tahapan FGD 2. Di tahap ini, kita dibagi ke kelompok yang lebih kecil. Jadi, ada 4 kelompok dengan masing-masing berisikan 5 orang. Untuk topik nya, beda-beda tergantung panitia. Kalo ga salah, kelompok ku kebagian tema tentang "Political parties are currently failing to engage with young people". Sama dengan FGD I, kita dikasih waktu 10 menit untuk diskusi, 10 menit untuk presentasi. Bedanya, presentasi kali ini harus lebih kreatif. Bisa diya\\tampilkan dalam bentuk drama, cerita, atau macem2 tergantung kreativitas masing2 kelompok.

Suasana FGD 2. Aduh posisi ku sangat tidak mendukung zzz
Suasana presentasi hasil FGD 2
3. Hmm udah FGD selesai, terus lanjut art performance. Nah, semua pada ngira kalo art performance nya itu bakal kaya seleksi tahap 1 yaitu individu. Tapi ZONK. Kita dibagi dalam kelompok kecil, consists of 5 people, dan dikasih waktu 20 menit untuk persiapan GROUP ART PERFORMANCE selama 3 MENIT SAJA. Kebayang kan rempongnya, secara masing-masing punya talenta beda-beda. Tapi ya itulah challenge nya. Nah untuk hal satu ini, saya seneng sih soalnya kebagian temen-temen yg kreatif dan bisa diajak kompromi. Ada saya, Naluri, Meta, Hani, sama ALfia. Kita nampilin lagu dan tari asal Jawa Barat dan sedikit comefy parody sih jatohnya haha.

My group performance. Lebih menjurus ke comedy parody tampaknya
4. OKAY! Masih ada tahapan selanjutnya loh sahabat. Tenang. Perjalanan masih panjang.. Tibalah saatnya INDIVIDUAL INTERVIEW. AGAIN. Kita dibagi dua grup, ada dua ruangan yg dipake untuk individual interview, which means masing2 dari kita itu akan mengalami interview dua kali. HUWOOOW. SIngkatnya, di tahapan ini bener-bener kaya yang nentuin sebenernya kita memang sosok calon delegasi yang sesuai dengan kriteria masing-masing program PCMI atau ngga sih. Gitulah. It's really tired karena kita harus nunggu sampe jam 9 malem untuk denger hasil akhirnya. Sumpah cape banget (lah jadi curhat)

Ceritanya udah aja yah jam 9 teng. Nah, kita udah nangkring aja di depan pintu nungguin panitia manggil dengan wajah kuyu dan ngantuk. Saya malah gunting kuku loh sambil nungguin pintu dibuka saking gatau mau ngapain lagi. (terus?)

JENG JENG JENG JENG

Setelah panitia nyuruh kita masuk ruangan, atmosfer deg-degan mulai banget kerasa. Sekarang aja saya nulisnya jadi ikut deg2an padahal udah lewat seminggu yang lalu giitu. Panitia yg memang udah cape juga memulai dengan mengucapkan terima kasih atas antusiasme ke 20 peserta. Dan tibalah saatnya keputusan :)

YANG LOLOS ADALAH .....

Akhirnya, saya dipanggil juga. YESSY PURNAMASARI, giliran ke 2. Alhamduilillah.. (padahal belum tau program apa). Alhamdulillah, cuma bisa bilang alhamdulillah sambil melukin temen-temen lainnya yang lolos maupun ngga. Tapi intinya, kita semua udah pemenang ko guys :")

Alhamdulillah, pulang kerumah dengan langkah lega. Jujur lega, karena memang diluar ekspektasi banget saya bisa lolos. Saingannya itu loh bu, pak, beeeuuuuhhh kece semuaaaaa. Saluuuut!

Besoknya, Senin tanggal 22 April 2013, ada sepuluh orang yang kembali mendatangi Disorda Jabar untuk bertemu dengan perwakilan dinas. Kita disambut oleh Pak Kamil dan Pak Ketut, tapi sayang kepala dinasnya sedang berhalangan. Dan disini ketegangan dan deg-deg an mulai muncul kembali, karena inilah saatnya kita tau kita lolos jadi delegasi UTAMA atau cadangan untuk masing masing program. And here is the result...

IKYEP - Meta Indriyani Kurniasari (Kota Bandung)
ICYEP - Anais Anais (Kota Sukabumi)
IChYEP - Mutty Ashila Nadila Reza (Kota Bekasi)
SSEAYP - Al-Khansa Salihah (Kota Depok)
IMYEP - Yessy Purnamasari (Kota Bandung)

Here we are. The 2013 PPAN Delegates from West Java :)
Me as the Representative for Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) 2013 :)

And here we come. Alhamdulillah, perjalanan panjang dari seleksi awal udah menemukan titik terang. maksudnya, kita semua yang terpilih Insya Allah bisa membawa tanggung jawab yang sudah diberikan di pundak kita. Namun, jangan salah, ini adalah langkah awal. Sekarang, semua delegasi utama bersiap untuk mengikuti training yang sudah disiapkan baik oleh alumni maupun pusat. Bismillah, lancar :)

Check pcmijabar.org for more detail :)
Untuk tahu kegiatan para kandidat masing-masing program selanjutnya, stay tune terus di post saya selanjutnya yah! #berasaseleb #biarinWeh




You Might Also Like

0 comments